STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PENGELOLAAN KEUANGAN BERBASIS TRI HITA KARANA DAN CATUR PURUSA ARTHA MELALUI PROGRAM KERJA SEKAA

Authors

  • Sunitha Devi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Gede Kusuma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Gede Rahayu Budiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Adi Kurniawan Saputra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.29303/jaa.v3i2.43

Keywords:

Catur Purusa Artha, Contextual Teaching and Learning, Sekaa, Tri Hita Karana

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi oleh para peserta didik di Indonesia adalah ketidakmampuan peserta didik dalam menghubungkan antara teori dengan implementasi dalam kehidupan nyata di lingkungan masyarakat. Tujuan penulisan ini adalah untuk membantu pengembangan strategi pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning melalui pengelolaan keuangan sampah. Hal ini penting dilakukan untuk peningkatan pemberdayaan masyarakat lokal, serta membantu mewujudkan insan yang berkualitas dan berkarakter melalui aktivitas sosial tersebut. Sumber data yang digunakan dalam penelitian konseptual ini adalah sumber primer berupa buku-buku dan jurnal-jurnal hasil penelitian, serta sumber sekunder berupa sumber internet dan koran. Data penelitian diuraikan dengan content analysis, descriptive analysis, serta inter-text analysis.
Sekaa dapat dijadikan sebagai organisasi sosial dalam mendukung program pengembangan pembelajaran kreatif dan inovatif dalam hal pengelolaan keuangan dan lingkungan. Pemahaman kuat tentang keseimbangan antara filosofi Tri Hita Karana dan Catur Purusa Artha dapat dijadikan sebagai penopang kuat dalam pembentukan etika dan moral seseorang ketika melaksanakan pengelolaan keuangan tersebut. Berbagai ide kreatif dan inovatif dalam hal pengelolaan keuangan dan lingkungan dapat terus dikembangkan sehingga manfaat yang dihasilkan melalui pelaksanaan program ini benar-benar dapat membantu peningkatan pemberdayaan masyarakat.

References

REFERENSI


Abdurrahman. 1994. Masalah Penguasaan Tanah-Tanah Negara. Jakarta: Badan Pertanahan Nasional.

Astuti, N.H. 2013. Bank Sampah. http://nurulhanifahastuti.blogspot.com/2013/02/bank-sampah. htmls, diakses pada tanggal 5 Oktober 2018.

Akbar, Ali Ibrahim. 2000. Pendidikan Karakter. USA: Harvard University.

Budimansyah, Dasim. 2009. Paradigma Pembangunan Pendidikan Nasional Konsep, Teori dan Aplikasi Dalam Analisis Kebijakan Publik. Bandung: Widya Aksara Press.

Elfindri. 2010. Soft Skill untuk Pendidik.
https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/06/20/pembelajaran-aktif-kreatif-efektif-dan-menyenangkan/, diakses tanggal 5 Oktober 2018.

Gorda, I Gusti Ngurah. 1996. Etika Hindu dan Perilaku Organisasi. Singaraja: Widya Kriya Gematama. Denpasar.

Greaney.1992. International Association for The Evaluation of Educational Achievement. https://www.slideshare.net//septianraha/makalah-permasalahan-pendidikan-di Indonesia-dan-solusinya-29907791, diakses tanggal 5 Oktober 2018.

Muntazah, Shofiyatul dan Indrawati Theresia. 2015. Pengelolaan Program Bank Sampah sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Bank Sampah Bintang Mangrove, Surabaya. Jurnal Lingkungan Luar Sekolah.

Nazir, Mohammad. 1988. Metode Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Nofrizal. 2013. Menyelesaikan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Dengan MYOB Accountright Premier V19. Yogyakarta: Andi Offset.

Pitana, I Gede (editor).1994. Dinamika Masyarakat dan Kebudayaan Bali. Denpasar: Bali Post.

Sugiyanto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunandar. 2009. Pembelajaran contextual Teaching and Learning (CTL) dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 59-68.

Suwerda, Bambang.(2012). Bank Sampah; (Kajian Teori dan Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Rihama.

Suyanto. 2012. Pendidikan Karakter dalam Persfektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Tenaya, Agus Indra. 2007. Decision Usefulness : Trade-Off Antara Reliability dan Relevance. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Vol. 14.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Devi, S., Dewi, L. G. K., Budiarta, L. G. R., & Saputra, K. A. K. (2019). STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PENGELOLAAN KEUANGAN BERBASIS TRI HITA KARANA DAN CATUR PURUSA ARTHA MELALUI PROGRAM KERJA SEKAA. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 3(2), 1–38. https://doi.org/10.29303/jaa.v3i2.43