KUALITAS LABA DAN PENGUKURANNYA PADA PERUSAHAAN JASA PENDUKUNG INDUSTRI PARIWISATA

Authors

  • Nina Karina Karim Univeritas Mataram
  • Siti Atikah Univeritas Mataram
  • Indria Puspitasari Lenap Univeritas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jaa.v4i1.56

Keywords:

Kualitas Laba, Industri Pariwisata, Working Capital, Cash Flow From Operations

Abstract

Perusahaan-perusahaan pendukung industri pariwisata mengalami kenaikan aktifitas bisnis seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kenaikan aktifitas bisnis tersebut berpengaruh terhadap kualitas laba yang disajikan dalam laporan keuangan. Melalui metode crosstabs, tingkat kualitas laba diukur berdasarkan kemampuan perubahan dalam modal kerja bersih non-kas (WCA) periode sebelumnya untuk menentukan nilai arus kas dari operasi (CFO) periode berjalan. Kenaikan aktifitas bisnis pada perusahaan-perusahaan yang diteliti, walaupun berpengaruh terhadap kenaikan laba tidak menjamin adanya peningkatan yang bersifat tetap terhadap kualitas laba yang disajikan. Hal ini disebabkan karena fluktuasi kenaikan laba ini berasal dari pos-pos penerimaan yang terlalu beragam dan tidak bisa diprediksi.

References

Ball, R., dan Brown, P. 1968. An Empirical Evaluation of Accounting Income Numbers. Journal of Accounting Research.
Cooper, R Donald dan Schindler S Pamela. 2014. Business Research Methods. Twelfth Edition. McGraw-Hill.
DeChow, Patricia M. dan Dichev, I.. 2002. The Quality of Accruals and Earnings: The Role of Accrual Estimation Errors. The Accounting Review.
DeChow, Patricia M. dan Schrand, Catherine M. 2004. Earnings Quality. The Research Foundation of CFA Institute.
Ewert, Ralf dan Wagenhofer, Alfred. 2009. Earnings Quality Metrics and What They Measure. Retrieved from www.kellogg.northwestern.edu: http://www.kellogg.northwestern.edu/accounting/papers/ewert.pdf
Kormendi, R.C. dan Lipe, R.. 1987. Earnings Innovations, Earnings Persistence, and Stock Returns. Journal of Business.
Perroti, P. d. (2014). Earnings Quality Measures and Excess Returns. Journal of Business Finance & Accounting, 41(5-6): 545–571.
Ramakhrisnan, R.T.S dan Thomas, J.K. 1991. Valuation of Permanent, Transitory and Price-Irrelevant Components of Reported Earnings. Working Paper. Columbia University Business School.
Schipper, Katherine, dan Vincent, Linda. 2003. Earnings Quality. Accounting Horizons 17 Supplement: 97-110.
Scott, W. R. 2012. Financial Accounting Theory, 6th Edition. Toronto: Pearson Canada.
Weil, Roman L. 2009. QUALITY OF EARNINGS and earnings management A Primer for Audit Committee Members. The American Institute of Certified Public Accountants. https://www.aicpa.org/ForThePublic/AuditCommitteeEffectiveness/AuditCommitteeBrief/DownloadableDocuments/Audit_Committee_Quality_of_Earnings.pdf diakses pada 10 Maret 2018.
Winarno, Wing Wahyu. 2011. Analisis Ekonometrika dan Statistika dengan EVIEWS. Edisi Ketiga. Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan (UPP STIM YKPN).
www.bapepam.go.id
www.Idx.co.id
www.sahamok.com
www.bps.go.id
https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/industri-sektor/pariwisata/item6051?

Downloads

Published

2019-10-28

How to Cite

Karim, N. K., Atikah, S., & Lenap, I. P. (2019). KUALITAS LABA DAN PENGUKURANNYA PADA PERUSAHAAN JASA PENDUKUNG INDUSTRI PARIWISATA. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.29303/jaa.v4i1.56