TRACER STUDY PROGRAM STUDI DIPLOMA III AKUNTANSI FEB UNRAM TAHUN 2019

Main Article Content

Robith Hudaya

Abstract

Program Studi DIII Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram telah meluluskan ribuan mahasiswa sejak berdirinya pada tahun 1997, namun tracer study belum pernah dilakukan selama ini, sehingga Program Studi DIII Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram memandang perlu dilakukannya tracer study secara berkala (setiap tahun). Tracer study berguna untuk memantau lulusan dan mengetahui relevansi kompetensi lulusan Program Studi DIII Akuntansi dengan kebutuhan stakeholder. maka perumusan masalah dalam penelitian ini dapat dirangkum sebagai berikut: 1).Bagaimana penilaian stakeholders terhadap kinerja alumni?; 2).Berapa lama masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan pertamanya? 3).Bagaimanakah relevansi antara kurikulum dengan kebutuhan stakeholders?. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini memberikan gambaran mengenai lulusan dan kompetensi lulusan Program Studi DIII Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram yang dibutuhkan oleh stakeholder. Berdasarkan hasil pembahasan dapat ditarik simpulan sebagai berikut: 1).Kinerja alumni Prodi DIII akuntansi menurut stakeholders adalah sangat baik; 2).Masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan pertamanya adalah 2.4 bulan; 3).Relevansi antara kurikulum dengan kebutuhan stakeholder sudah cukup sesuai, yang bisa dilihat dengan layaknya lulusan Program Studi DIII Akuntansi untuk bekerja pada berbagai organisasi, baik swasta maupun pemerintahan. Selain itu, beberapa hal yang perlu rekonstruksi terhadap kurikulum yang bisa meningkatkan peningkatan kemampuan lulusan  terutama terkait dengan bahasa inggris, komputer akuntansi , soft skill dan kemampuan pendukung lainnya.

Article Details

How to Cite
Hudaya, R. (2020). TRACER STUDY PROGRAM STUDI DIPLOMA III AKUNTANSI FEB UNRAM TAHUN 2019. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 4(2), 155 - 174. https://doi.org/10.29303/jaa.v4i2.76
Section
Articles

References

Anonim. 2000. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa Menteri Pendidikan Nasional.
. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
. 2010. Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan
. 2011. Manual Prosedur Tracer Study Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang. https://www.google.com/url?sa=f&rct=j&url=http://gjm.fp.ub.ac.id/documents/doc/tracer_study.pdf&q=&esrc=s&ei=HeGNUYLNFMPprQfAmYDgCQ&usg=AFQjCNGJmzYdAqp3U6eMplLgJi9KypXPaw. Diunduh tanggal 11 Mei 2013
, 2012. Buku Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Mataram
Budi, Bambang, Setia. Hanson, Endra, Kusuma. Odah. 2012. Report 2012. Tracer Study dan Kepuasan Pengguna. ITB Career Center Lembaga Kemahasiswaan. karir.itb.ac.id. diunduh tanggal 11 Mei 2013
Cahyaningtyas, Susi Retna. Ali, Fikri. Siti, Atikah. Wahidatul, Husnaini. Lukman, Effendy. 2012. Analisis Keberagaman Karya Tulis Ilmiah dan Masa Studi sebagai Cermin Proses Pendidikan Pada Jurusan Akuntansi. Laporan Penelitian Dana BOPTN Universitas Mataram.
Cahyaningtyas, Susi. Retna Siti, Atikah. Wahidatul, Husnaini. 2008. Pengembangan Kurikulum Akuntansi (Strata satu) ke Arah Dunia Kerja Pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mataram. Laporan Penelitian Dosen Muda Dikti.
Cahyaningtyas, Susi Retna. 2007. Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Kurikulum Program Studi Akuntansi Strata satu (S1) Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada Universitas Gadjah Mada, Universitas Surabaya, dan STIE PERBANAS Surabaya). Thesis. Unpublished. Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya.
Dikti. 2012. panduan pengembangan dan penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) Pendekatan Kurikulum Berbasis Komptensi (KBK) dan Pendidikan Berbasis Capaian (PBC).
. 2008. Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi
Mukhtaruddin dan Andriani. 1999. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Di PalembangTerhadap Rekayasa Kurikulum Akuntansi 1991. Simposium Nasional Akuntansi II. Malang.
Rahmadi. 2012. Ayo Partisipasi Dalam Tracer Study UI 2012. http://cdc.ui.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=778&Itemid=121. Diunduh tanggal 11 Mei 2013
Syamsudin, Amir. Muthmainnah dan Rina, Wulandari. 2006. Laporan Penelusuran Alumni Program Studi D-II PGTK FIP UNY . https://www.google.com/search?sclient=psy-ab&q=proposal+tracer+study&oq=proposal+tracer+study&gs_l=serp.3...6614035.6619803.0.6620152.21.15.0.0.0.0.0.0..0.0...0.0...1c.1.12.psyab.CgpjfRQiaZw&pbx=1&bav=on.2,or.r_cp.r_qf.&biw=1024&bih=630&ech=1&psi=aG2MUZPNcWkrQfPo4FA.1368157722608.3&emsg=NCSR&noj=1&ei=sG2MUcDYN8PqrQfHiYDoDg. Diunduh tanggal 6 Mei 2013
Yusuf, Rusli. T.M. Iqbalsyah. Asep, Rusyana. Taufik, F. Abidin. Syaiful, Bahri. Rika, Marlia. Irvanizam. Sayed, Muchallil. Emi, Nurmasyitah. 2012. Tracer Study Unsyiah 2012 Transisi Dari Dunia Kampus ke Dunia Kerja. Universitas Syiah Kuala