TRACER STUDY PROGRAM STUDI DIPLOMA III AKUNTANSI FEB UNRAM TAHUN 2020

Authors

  • Bambang Universitas Mataram
  • Baiq Rosyida Dwi Astuti Universitas Mataram
  • Intan Rakhmawati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jaa.v5i2.94

Keywords:

Tracer Study, Kompetensi, Kualitas Lulusan

Abstract

Tracer study merupakan alat untuk menilai relevansi kurikulum pendidikan tinggi dengan kebutuhan stakeholders.  Dilain pihak, tracer study memberikan informasi mengenai situasi transisi dan dinamika kerja dan sebagai salah satu persyaratan akreditasi. Program Studi DIII Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram telah meluluskan ribuan mahasiswa sejak berdirinya pada tahun 1997, namun tracer study belum pernah dilakukan selama ini, sehingga Program Studi DIII Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram memandang perlu dilakukannya tracer study secara berkala (setiap tahun). Tiga tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui:1) enilaian stakeholders terhadap kinerja alumni; 2)Lama masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan pertamanya; 3) Relevansi antara kurikulum dengan kebutuhan stakeholders. Tujuan tersebut akan dicapai dengan cara melakukan penelusuran (Tracer) pada Stakeholder yang ada di Kota Mataram. Hasil penelitian ini nantinya berupa pemetaan kualitas lulusan Prodi D3 Akuntansi dari sudut pandang pengguna (Stake hoder) . Luaran dari penelitian ini berupa publikasi ilmiah pada jurnal nasional ber ISSN. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja alumni Prodi DIII akuntansi menurut stakeholders adalah baik.Masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan pertamanya adalah 2,2  bulan. Namun angka ini belum bisa menggambarkan kondisi sebenarnya terutama untuk angkatan tahun 2020, dimana angkatan tahun 2020 yang mengisi kuesioner hanya 5 orang. Relevansi antara kurikulum dengan kebutuhan stakeholder sudah cukup sesuai, yang bisa dilihat dengan layaknya lulusan Program Studi DIII Akuntansi untuk bekerja pada berbagai organisasi, baik swasta maupun pemerintahan. Selain itu, beberapa hal yang perlu rekonstruksi terhadap kurikulum yang bisa meningkatkan peningkatan kemampuan lulusan  terutama terkait dengan bahasa inggris, komputer akuntansi , soft skill dan kemampuan pendukung lainnya.

References

Anonim. 2000. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa Menteri Pendidikan Nasional.
. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
. 2010. Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan
. 2011. Manual Prosedur Tracer Study Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang. https://www.google.com/url?sa=f&rct=j&url=http://gjm.fp.ub.ac.id/documents/doc/tracer_study.pdf&q=&esrc=s&ei=HeGNUYLNFMPprQfAmYDgCQ&usg=AFQjCNGJmzYdAqp3U6eMplLgJi9KypXPaw. Diunduh tanggal 11 Mei 2013

, 2012. Buku Pedoman Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Mataram
Budi, Bambang, Setia. Hanson, Endra, Kusuma. Odah. 2012. Report 2012. Tracer Study dan Kepuasan Pengguna. ITB Career Center Lembaga Kemahasiswaan. karir.itb.ac.id. diunduh tanggal 11 Mei 2013
Cahyaningtyas, Susi Retna. Ali, Fikri. Siti, Atikah. Wahidatul, Husnaini. Lukman, Effendy. 2012. Analisis Keberagaman Karya Tulis Ilmiah dan Masa Studi sebagai Cermin Proses Pendidikan Pada Jurusan Akuntansi. Laporan Penelitian Dana BOPTN Universitas Mataram.
Cahyaningtyas, Susi. Retna Siti, Atikah. Wahidatul, Husnaini. 2008. Pengembangan Kurikulum Akuntansi (Strata satu) ke Arah Dunia Kerja Pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Mataram. Laporan Penelitian Dosen Muda Dikti.
Cahyaningtyas, Susi Retna. 2007. Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Kurikulum Program Studi Akuntansi Strata satu (S1) Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada Universitas Gadjah Mada, Universitas Surabaya, dan STIE PERBANAS Surabaya). Thesis. Unpublished. Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya.
Dikti. 2012. panduan pengembangan dan penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) Pendekatan Kurikulum Berbasis Komptensi (KBK) dan Pendidikan Berbasis Capaian (PBC).
. 2008. Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi
Mukhtaruddin dan Andriani. 1999. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Di PalembangTerhadap Rekayasa Kurikulum Akuntansi 1991. Simposium Nasional Akuntansi II. Malang.
Rahmadi. 2012. Ayo Partisipasi Dalam Tracer Study UI 2012. http://cdc.ui.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=778&Itemid=121. Diunduh tanggal 11 Mei 2013
Syamsudin, Amir. Muthmainnah dan Rina, Wulandari. 2006. Laporan Penelusuran Alumni Program Studi D-II PGTK FIP UNY . https://www.google.com/search?sclient=psy-ab&q=proposal+tracer+study&oq=proposal+tracer+study&gs_l=serp.3...6614035.6619803.0.6620152.21.15.0.0.0.0.0.0..0.0...0.0...1c.1.12.psyab.CgpjfRQiaZw&pbx=1&bav=on.2,or.r_cp.r_qf.&biw=1024&bih=630&ech=1&psi=aG2MUZPNcWkrQfPo4FA.1368157722608.3&emsg=NCSR&noj=1&ei=sG2MUcDYN8PqrQfHiYDoDg. Diunduh tanggal 6 Mei 2013
Yusuf, Rusli. T.M. Iqbalsyah. Asep, Rusyana. Taufik, F. Abidin. Syaiful, Bahri. Rika, Marlia. Irvanizam. Sayed, Muchallil. Emi, Nurmasyitah. 2012. Tracer Study Unsyiah 2012 Transisi Dari Dunia Kampus ke Dunia Kerja. Universitas Syiah Kuala

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Bambang, Dwi Astuti, B. R., & Rakhmawati, I. (2021). TRACER STUDY PROGRAM STUDI DIPLOMA III AKUNTANSI FEB UNRAM TAHUN 2020. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 5(2), 138–160. https://doi.org/10.29303/jaa.v5i2.94