E-COMMERCE DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SEBAGAI FAKTOR PENDORONG PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK BERWIRAUSAHA

Authors

  • Nurabiah Nurabiah
  • Herlina Pusparini
  • Yusli Mariadi FEB Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jaa.v5i2.97

Keywords:

e-commerce, accounting information systems, entrepreneurship

Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of e-commerce and the use of accounting information systems in making entrepreneurial decisions. This study used the Technology Acceptance Model (TAM) and contingency theory where this theory will be able to explain the acceptance of a technology and the relationship between the application of the used of accounting information systems and e-commerce to influence the behavior of students majoring in Accounting in entrepreneurship. The population in this study were active accounting undergraduate students who have taken entrepreneurship courses and accounting information systems for PTN and PTS in the city of Mataram. The sampling technique used purposive sampling method, data were collected by 142 distributed questionnaires. Data analysis techniques used  the PLS 3.0 smart application.The results of the study indicate that the e-commerce has a positive and insignificant effect on decision making of accounting students in entrepreneurship and the accounting information system has a significant positive effect on decision making of accounting students in entrepreneurship.

References

Abdillah, Willy, Dan Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS), Alternative Structural Equation Model (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. Penerbit Andi: Yogyakarta.
Ajzen, I. 1991. Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Process, 50 , 179-211.
Bodnar, G.H dan Hopwood, W.S. 2013. Sistem informasi akuntansi, Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.
Davis, F. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Accpetance of Information Technology. Management Informastion System Quarterly. Vol 3. No.3 , 319-339.
Ghozali, Imam. 2011. Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) (Edisi 3). Semarang: Undip.
Javalgi, R., dan Ramsey, R., 2001, Strategic Issues of E-Commerce as an Alternative Global Distribution System, International Marketing Review, 18(4).
Jogiyanto. 2008. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.
Margareta, I. Putri. 2019. Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Unpublish
Mustofa, M. A. 2014. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy, dan Karakter Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Pramiswari, dan Dharmadiaksa. 2017. Pengaruh E-commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. Universitas Udayana Bali. ISSN: 2302-8556 Vol 20 No 1 Juli 2017.
Prihadi, Dedy & Susilawati, A. Dwita. 2018. Pengaruh Kemampuan E-Commerce Dan Promosi Di Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaraan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, volume 3, Nomor 1, Juni 2018
Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid 1, Edisi 8, Prenhallindo, Jakarta.
Romney, N. B. dan Steinbert, P. J. 2017. Accounting Information System. 13the). New Jersey. Pearson Practice Hall.
Sari, Diyah Chandra Kartika & Wibawa, S. Chendra. 2017. Pengaruh Penggunaan E-commerce dalam Penjualan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Ngraho. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Suryaman, Maman. 2006. Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Unpublish
Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. Andi: Yogyakarta
Tedjasutisna, A. 2004. Memahami Kewirausahaan SMK Tingkat 1. Bandung: Armindo.
Trihatmoko, Agus dan Harsono, Mugi. 2017. Kewirausahaan: Membentuk dan Mengembangkan Unit Bisnis Handal dan Mapan. Edisi Pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Trihudiyatmanto, M. 2019. Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan Dan Gender. Jurnal Ppkm, Vol. 6, No. 2, 93 – 103
Wahyuni,E. Tri & Diana, Nur. 2020. E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Faktor Pendorong Pengambilan Keputusan Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha. E-JRA Vol. 09 No. 03 Februari 2020. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Islam Malang
Wulandari., Maslichah., & Sudaryanti, Dwiyani. 2020. Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pengambilan Keputusan Dalam Berwirausaha Di Sanggam Mart Kabupaten Balangan. E-JRA Vol. 09 No. 04 Februari 2020. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang
Yadewani, Dorris. & Wijaya, Reni. 2017. Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus : AMIK Jayanusa Padang). JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi). Vol. 1 No. 1 (2017) 64 – 69
Zimmerer, & Scarborough. 2008. Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Jakarta: PT. Prenhalindo.
www.bps.go.id

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Nurabiah, N., Herlina Pusparini, & Yusli Mariadi. (2021). E-COMMERCE DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SEBAGAI FAKTOR PENDORONG PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK BERWIRAUSAHA. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 5(2), 238–253. https://doi.org/10.29303/jaa.v5i2.97