PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN

Authors

  • Cahya Ayu Mulia Putri Rasyid Universitas Mataram
  • Eni Indriani Universitas Mataram
  • Robith Hudaya Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jaa.v7i1.146

Keywords:

csr, Capital Structure, Firm Value, Firm Size, Profitability

Abstract

The firm's value is important for the company because it affects its survival in the future. Many factors can affect firm value, such as disclosure and management of the capital structure. Disclosure is made to provide information to the public about the company, one of which is the disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) as a form of responsibility in terms of economic, environmental and social aspects. Capital structure management is carried out to achieve a balance between liabilities and equity to maximize the firm's value. This study examines the effect (CSR) and capital structure on firm value with firm size and profitability as moderators. The test was carried out on mining sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) from 2017 to 2019. This research is quantitative associative research with multiple linear regression and moderated linear regression with CSR and capital structure as independent variables and firm value as the dependent variable while the moderating variables are firm size and profitability. This study indicates that CSR has no effect on firm value, capital structure has a significant effect on firm value. Firm size and profitability cannot be a moderator of the influence of CSR and capital structure on firm value. This research implies that CSR disclosure has not been considered in making investment decisions and a large debt composition can reduce firm value.

References

Ainiyah, G. Z., dan Sinta, I. 2019. Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2017. Jurnal Medikonis STIE Tamansiwa Banjarnegara, 19, 73–87.

Alipudin, A. 2019. Model Peningkatan Nilai Perusahaan melalui Struktur Modal dan Profitabilitas pada Perusahaan Agrikultur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi, 5(2), 145–154.

Ariati, D. 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility, Struktur Modal dan Financial Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tesis, Universitas Sumatera Utara Medan.

Ariono, R. M., Maslichah, dan Afifudin. 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 6(3), 20–40.

Astari, Y., Rinofah, R., dan Mujino. 2019. Pengaruh Struktur Modal Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Moderasi (Studi Kasus Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)Periode 2014 – 2018). Jurnal Ilmiah MEA, 3(3), 191–201.

Deegan, C. 2014. Financial Accounting in Theory. Australia : In McGraw-Hill Education.

Desiyanti, E., Kalbuana, N., Fauziah, S., dan Sutadipraja, M. W. 2020. Pengaruh Pengungkapan CSR, Persistensi Laba dan Pertumbuhan Laba Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Jakarta Islamic Index Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. MALA’BI: Jurnal Manajemen Ekonomi STIE Yapman, 3(1), 1–5.

Fajriana, A., dan Priantinah, D. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility, Keputusan Investasi, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 5(2).

Fitria, D., dan Irkhami, N. 2021. Ukuran Perusahaan Sebagai Pemoderasi Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Dan Islamic Social Reporting Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Umum Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1629–1643.

Global Reporting Initiative. 2016. About GRI. Diunduh tanggal 2 Februari 2022, https://www.globalreporting.org/about-gri/

Gultom, R., Agustina, dan Wijaya, S. W. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi. Jurnal Wira Ekonomi Miroskil, 3(4), 51–60.

Hermuningsih, S. 2013. Pengaruh Profitabilitas , Growth Opportunity , Sruktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik di Indonesia. Buletin Ekonomi Dan Perbankan, 127–148.

Horne, J. C. Van, & Jr, J. M. W. 2012. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan (Fundamental of Financial Management) (13th ed.). Salemba Empat.

Hutabarat, A. C., & Siswantaya, I. G. 2017. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 1–13.

Jiarni, T., dan Utomo, S. D. 2019. Nilai Perusahaan: Leverage, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan. JUARA: Jurnal Riset Akuntansi, 9(2), 92–99.

Karina, D. R. M., dan Setiadi, I. 2020. Pengaruh CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan GCG sebagai Pemoderasi. Jramb, 6(1), 37–49.

Laras, D. M. 2020. Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan Terdaftar di BEI. Publikasi Ilmiah, 1–13.

Lindawati, A. S. L., dan Puspita, M. E. 2015. Corporate Social Responsibility : Implikasi Stakeholder dan Legitimacy Gap dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1), 157–174.

Manan, M. 2019. Pengaruh Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating terhadap Hubungan Struktur Modal dan Profitabilitas dengan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017. Skripsi, Universitas Sumatera Utara.

Mangondu, R., dan Diantimala, Y. 2016. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dan Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 3(1), 62–69.

Mulyawan, A. 2019. Pengaruh Struktur Modal, Keputusan Investasi, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bei tahun 2016-2018). Skripsi, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung.

Nadillah, D., Efni, Y., dan Rokhmawati, A. 2017. Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan yang Dimediasi Kinerja Keuangan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Pemoderasi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 601–615.

Nugraha, D. P., dan Meiranto, W. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility pada Kinerja Keuangan Perusahaan dan Implikasinya. Diponegoro Journal Of Accounting, 3, 1–10.

Oktaviami, R. D., dan Nugroho, P. I. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai variabel Intervening (Studi Empiris pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014). Prosiding Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis.

Pemerintah Republik Indonesia. 2012. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perseroan Terbatas. Undang-Undang Dasar RI, 53(9), 1689–1699.

Primady, G. P., dan Wahyudi, S. 2015. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Pemoderasi. Dipenogoro Journal of Management, 4(1), 1–15.

Purnomo, S. 2016. Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan yang Dimediasi oleh Profitabilitas. Tesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Puspaningrum, Y. 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Profita, 2(2), 189–196.

Putri, A. K., Sudarma, M., dan Purnomosidhi, B. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, 14, 344–358.

Putri, Julia. 2016. Pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Go Publik (Studi Kasus Sektor Makanan Dan Minuman). JOM FISIP, 3(2), 1–12.

Rahmantari, N. L. L., Sitiari, N. W., dan Dharmanegara, I. B. A. 2019. Effect of Corporate Social Responsibility on Company Value With Company Size and Profitability as Moderated Variables in Pharmaceutical Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Jagadhita, 6(2), 121–129.

Ramona, Suci. 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Artikel Ilmiah, 1–14.

Sari, R. P. 2020. Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, dan profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverage dengan ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Skripsi, Universitas Islam Indonesia.

Sartika, Y. D. 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Nilai Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia. Skrpsi, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Sindhudipta, I. N. S., dan Yasa, G. W. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility Pada Kinerja Keuangan Perusahaan dan Implikasinya Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 2(4), 388–405.

Suryonugroho, B. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajemen dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating. The Economist, 54–68.

Sutanto, H. 2019. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tesis, Universitas Sumatera Utara.

Tunnisa, F. 2016. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Yando, A. D. 2018. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Perusahaan Properti dan Real Estate di BEI 2011-2015). JIM UPB, 6(1), 1–11

Downloads

Published

2022-10-14

How to Cite

Rasyid, C. A. M. P. ., Indriani, E. ., & Hudaya, R. (2022). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 7(1), 136–156. https://doi.org/10.29303/jaa.v7i1.146