PENGARUH TARIF PPN TERHADAP INTENSI DAN DAYA BELI PEMBELI PEREMPUAN DI ONLINE INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.29303/jaa.v9i1.446Keywords:
Daya Beli, E-commerce, Intensi Beli, PPN 11%Abstract
Perkembangan teknologi informasi hingga efek pasca pandemi, mendorong perkembangan Online. Seiring menggeliatnya bisnis online, pemerintah pun mengeluarkan kebijakan pajak dan aturan hukum untuk Online. Salah satunya kebijakan mengenai PPN. Tak hanya itu, per 1 April 2022, pemerintah resmi menaikkan PPN yang sebelumnya 10% menjadi 11%. Kebijakan PPN ini secara langsung menambah nilai barang karena PPN ditanggung oleh pembeli. Penelitian ini mengkaji dampak dari tarif PPN kepada Kapasitas Beli masyarakat, khususnya pembeli perempuan di Online. Selain itu, penelitian juga mencari hubungan tarif PPN kepada intensi belanja pembeli perempuan di Online. Menemukan bahwa peningkatan PPN berdampak signifikan kepada Kapasitas Beli masyarakat. Namun harus secara simultan dikaitkan dengan taraf pendapatan. Sementara itu, dampak PPN secara khusus kepada Kapasitas Beli pembeli perempuan tidak bisa secara spesifik ditentukan. Hal ini dikarenakan Kapasitas Beli lebih tinggi kaitannya dengan taraf pendapatan dibandingkan faktor gender. Lalu kepada intensi belanja, menemukan pembeli perempuan lebih tinggi dibandingkan pembeli laki-laki. Diketahui bahwa intensi belanja pembeli di Online lebih dipengaruhi alasan personal, hal-hal yang bersifat psikologis hingga pengalaman pada belanja. Hubungan intensi belanja dengan pertimbangan harga menemukan tidak signifikan. Sehingga dampak PPN yang melekat pada komponen nilai, tidak berdampak sigifikan kepada intensi beli pembeli perempuan.
References
Amalia, Rizqi Jauharotul. 2022. Analisis Perilaku Konsumtif dan Daya Beli Konsumen terhadap Belanja Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(1).
Anggita, Prina. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Pembelian Online (Studi pada Pelanggan Traveloka Yogyakarta. Tugas Akhir Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia.
Aritonang, Lerbin R. Dan Stefani. 2019. Intensi Membeli, Jenis Kelamin, Gender Produk, dan Tujuan Konsumsi. Jurnal Ekonomi, 24(3); 437-451.
Atmaja, Ricky dan Mira Maryani. 2021. Daya Beli Konsumen Terhadap Penjualan Online Selama Masa Pandemi Covid. Jurnal Terapan Ilmu Manajemen dan Bisnis (JTIMB). Bandung: Universitas Advent Indonesia. Volume 4 Nomor 2: 93.
Beldad, A. and Hegner, S. (2018). Determinants of Fair Trade Product Purchase Intention of Dutch Consumers According To The Extended Theory of Planned Behaviour The Moderating Role of Gender. Journal of Consumer Policy, 41, 191–210.
Bloomenthal, Andrew. 2019. Electronic Commerce (E-commerce).
Caro-González, F.-J., Romero-Benabent, H. And Torné, I. S. (2017). The Influence of Gender on The Entrepreneurial Intentions of Journalism Students. Intangible Capital, 13 (2), 430-478.
Centre for Tax Policy and Administration. 2004. Compliance. Organisation for Economic Cooperation and Development.
Chinwong, D., Mookmanee, N., Chongpornchai, J., and Chinwong, S. (2018). A comparison of gender differences in smoking behaviors, intention to quit, and micotine dependence among Thai University Students. Journal of Addiction, 2018, 1-8.
Dalgin, H. M.; Sraihenn, A. and Okcay, O. (2018). Gender Differences in Product Color Importance, Color Choice, and Meaning Of Color: A cross-country study. Journal of Business and Behavioral Sciences, 30 (1), 88-99.
De Leeuw, A.; Valois, P.; Morin, J.A.S. and Schmidt, P. (2014). Gender Differences in Psychosocial Determinants of University Students’ Intentions To Buy Fair Trade Products. Journal of Consumer Policy, 37, 485–505.
Debbianita dan Verani Carolina. 2013. Analisis Pengaruh Tingkat Tax Knowledge dan Gender terhadap Tax Compliance: Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Bandung. Jurusan Akuntansi Universitas Kristen Maranatha Bandung.
Febrisca dan Kadunci. 2023. Pengaruh Tarif PPN 1% dan Tingkat Pendapatan Selama Pandemi terhadap Daya Beli Masyarakat. Jurnal Ekonomi Bisnis. 22(1); 8-16.
Fitriani, Diana. 2019. Pengaruh Gender Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online (Studi Kasus Terhadap Masyarakat Pontianak). CCIT Journal 12(1):99-107.
Indriyani, Elsa Kusuma dan Imahda Khori Furqon. 2021. Analisis Penerapan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Atas Transaksi E-commerce Pada Platform Marketplace PT. Bukalapak. Jurnal Manajemen dan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 4(1); 67-67.
Kementerian Keuangan, Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-62/PJ/2013 tentang Penegasan Ketentuan Perpajakan Atas Transasi E-commerce.
Lestari, Andini Jea; Siti Nuridah dan Herlina Littu. 2023. Pengaruh Kenaikan Tarif PPN 11% Terhadap Daya Beli Konsumen Apotek di Kabupaten Bekasi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4);7757-7768.
Lieven, T., Grohmann, B., Herrmann, A., Landwehr, J.R., van Tilburg, M., Lee, N. And Biswas, D. (2015). The Effect of Brand Design on Brand Gender Perceptions and Brand Preference. European Journal of Marketing, 49 (1/2)), 146-169.
Lin, X., Featherman, M., Brooks, S. L., & Hajli, N. (2019). Exploring gender differences in online consumer purchase decision making: An online product presentation perspective. Information Systems Frontiers.https://link.springer.com/article/10.1007/s107 6-018-9831-1.
Lomanto, Cindy Nathania dan Yenni Mangonting. 2013. Perlakuan PPN atas Transaksi E-commerce. Tax & Accounting Review, 3(2).
Mouakket, S. (2018). The Role of Personality Traits in Motivating Users’ Continuance Intention Towards Facebook: Gender Differences. The Journal of High Technology Management Research, 29 (1), 124-140.
Muzaki, Farid. 2018. Pengaruh Pendapatan dan Tingkat Harga Jual Produk Terhadap Daya Beli Masyarakat Muslim (Pada UD Santoso di Klaten Desa Tegalrejo Kec. Rejongtan Kab. Tulungagung). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung Jurusan Ekonomi Syariah.
Pawenang, Supawi. 2016. Modul Perkuliahan Lingkungan Ekonomi Bisnis. Surakarta: Program Pascasarjana UNIBA.
Pramesti, S. A. P. Devi, dan Ni Luh Supadmi. 2017. Pengaruh PPN, PPnBM, dan PKB Tarif Progresif pada Daya Beli Konsumen Kendaraan Bermotor Roda Empat. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 18 (1): 674-704
Pascual-Miguel, F.J., Agudo-Peregrina, Á.F. and Chaparro-Peláez, J. (2015). Influences of Gender and Product Type on Online Purchasing. Journal of Business Research, 68, 1550-1556.
Resmi, S. 2016. Perpajakan Teori Dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.
Ridho, Muhammad Najib. 2020. Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Pada Transaksi E-commerce. Jurnal llmu Sosial dan Pendidikan, 5(1).
Saw, SL,Goh, YN ,and Isa, SM 2015, ‘Exploring cunsumers’intention toward online hotel reservations: insights from malaysia’, Problems and Perspectives. Vol. 13 no 2, pp. 249-257.
Schnurr, Benedikt. (2018). What’s Best for whom? The Effect of Product Gender Depends
on Positioning. European Journal of Marketing, 52 (1/2), 367-391.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta
Sulastri, dan Nur Kholis. 2021. Pengaruh Insentif Pajak dan Subsidi Upah Pandemi Covid-19 Terhadap Daya Beli Masyarakat. Jurnal Penelitian Ipteks: 7(1): 53–64
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2009 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rieswandha Dio Primasatya, Yacobus Soegiarto, Okky Putri Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.