PENERAPAN UU HPP DAN BIAYA PEMASARAN PADA PERFORMA PERUSAHAAN SEKTOR PRIMER YANG TERDAFTAR PADA BEI
DOI:
https://doi.org/10.29303/jaa.v9i2.572Keywords:
pemasaran, profitabilitas, UU HPPAbstract
Pasca pandemi covid-19, perusahaan menghadapi tantangan untuk beradaptasi dengan pola pemasaran yang berbasis teknologi dan digital serta adanya perubahan regulasi perpajakan. Penelitian ini menganalisis dampak berlakunya UU HPP dan biaya pemasaran terhadap profitabilitas yang diukur dengan gross profit margin (GPM). Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi perusahaan sektor primer yang terdaftar pada BEI pada tahun 2020 hingga 2023 sebanyak 129 emiten dan teknik penentuan sampel menggunakan purposive random sampling dengan jumlah sampel 80 emiten. Pengujian data panel dilakukan menggunakan aplikasi stata 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan UU HPP tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan sedangkan pembebanan biaya promosi memiliki pengaruh signifikan. Penelitian menunjukkan hasil konsisten setelah melalui uji ketahanan model dengan mengubah variabel GPM dengan return on asset (ROA) dan return on equity (ROE). Bagi perusahaan, hasil penelitian dapat memberikan gambaran dalam merespons kebijakan fiskal dan transformasi teknologi. Sedangkan bagi pemerintah, merupakan umpan balik atas kebijakan yang diambil.
References
Alkurdi, A., Almarayeh, T., Bataineh, H., Al Amosh, H., & Khatib, S. F. A. (2024). Corporate profitability and effective tax rate: the moderating role of board gender diversity. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 15(1), 153–171. https://doi.org/10.1108/JIABR-05-2022-0122
BPS. (2020). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 7,07 persen. Badan Statistik Nasional, 19(86), 1–24.
BPS. (2024). Realisasi Pendapatan Negara (Milyar Rupiah), 2022-2024. Badan Statistik Nasional. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTA3MCMy/realisasi-pendapatan-negara.html
Hafit, M., Irianto, G., & Purwanti, L. (2018). Journal of Accounting and. 2(March), 253–272.
Haryanto, T. (2018). Marketing Strategy : Marketing Expense Contribution To Profitability ( Study on Telecommunication Company ). 193–201.
Istiqomah, A., & Gati, V. (2020). Risk Effect on Contribution of Participants in Sharia Insurance Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 6(1), 1. https://doi.org/10.20473/jebis.v6i1.18254
Kementerian Keuangan. (2021). Reformasi Perpajakan untuk Penciptaan Keadilan, Peningkatan Kepatuhan, dan Penguatan Fiskal. https://fiskal.kemenkeu.go.id/publikasi/siaran-pers-detil/326%0A
Kosan, L. (2014). Accounting for marketing : Marketing performance through financial results. International Review of Management and Marketing, 4(4), 276–283.
Kotler, P., Burton, S., Deans, K., Brown, L., & Armstrong, G. (2015). Marketing.
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management. Pearson Pretice Hall, Inc.
Liu, Y., Wang, W., & Liu, C. (2022). The Effect of a VAT Rate Reduction on Enterprise Costs: Empirical Research Based on China’s VAT Reform Practice. Frontiers in Environmental Science, 10(June), 1–11. https://doi.org/10.3389/fenvs.2022.912574
Presiden Republik Indonesia. (2020). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Peraturan.Bpk.Go.Id, 052692, 1–1187.
Prihandoko, A., & Rianto, D. (2023). COMPARATIVE ANALYSIS OF THE FINANCIAL PERFORMANCE OF PT. INDIKA ENERGY Tbk BEFORE AND AFTER THE ESTABLISHMENT OF POLICY LAW NO …. Jurnal Scientia, 12(03), 3698–3704. http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan/article/view/1768%0Ahttps://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan/article/download/1768/1467
Rawya Reda Ebied. (2023). The Impact of the Value added Tax on Saudi Corporation Profitability -An Applied Study Abstract.
Sudarno et al. (2022). Teori Penelitian Keuangan. CV Literasi Nusantara Abadi.
Tanjung, R., & Caesar Manasye Simorangkir, V. (2023). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021. Jurnal Akuntansi, 17(01), 42–50. https://doi.org/10.58457/akuntansi.v17i01.3069
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rachmana Alwava, Vidia Gati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.